Bisnis Internet I Artikel Bisnis Online I Tips Trik Gratis

Strategi Bisnis Internet Marketing I Cara Sistem Business Gratis I Belajar Artikel

Baca Juga

Berikut Dengan Detail Menjelaskan PRODUK Obat Kuat PASUTRI Legal, Herbal, Rekomendasi Boyke dan Co :

 

Categories

Berikut Dengan Detail Menjelaskan PRODUK Obat Kuat PASUTRI Legal, Herbal, Rekomendasi Boyke dan Co :

Gasa Foredi



Produk Kesehatan Untuk Wanita! Baca Lengkap di sini : GLUTERA Glutathione Indonesia



BELAJAR YANG EFEKTIF

Aktifitas belajar yang efektif membantu siswa mengenali perasaan, nilai-nilai dan sikap mereka. Topik yang paling tehik sekalipun melibatkan belajar yang efektif. Sebagai contoh, apa gunanya kemampuan menggunakan komputer jika siswa cemas dan tidak yakin dengan diri mereka sendiri ketika mereka menggunakan komputer?. Strategi yang berikut ini dirancang untuk menimbulkan kesadaran akan perasaan, nilai-nilai, dan sikap yang menyertai banyak topik kelas. Strategi ini dengan halus mendesak siswa untuk mengenali keyakinan mereka dan bertanya pada diri sendiri, apakah mereka memiliki komitmen terhadap cara-cara baru dalam mengerjakan segala hal.


MENGETAHUI YANG SEBENARNYA


URAIAN SINGKAT

Acapkali, sebuah topik dapat meningkatkan pemahaman dan kepekaan terhadap orang atau situasi yang tidak akrab bagi siswa. Salah satu cara terbaik untuk mencapai tujuan ini adalah dengan menciptakan aktifitas efektif yang menstimulasi keingintahuan tentang seperti apa sebenarnya orang atau situasi yang kurang akrab tersebut.


PROSEDUR

  1. Pilihlah tipe orang atau situasi yang Anda ingin siswa mempelajarinya. Berikut adalah beberapa contohnya : (1).Seperti apa rasanya berada di kalangan minoritas? (2).Seperti apa rasanya berada dalam priode waktu yang berbeda dalam sejarah? (3).Seperti apa rasanya menjadi orang yang berasal dari budaya yang berbeda? (4).Seperti apa rasanya menjadi orang yang memiliki persoalan atau tantangan pelik?
  2. Buatlah cara untuk mensimulasikan orang atau situasi itu. Diantaar cara-cara untuk melakukannnya adalah sebagai berikut : # Perintahkan siswa untuk berbusana seperti yang dikenakan oleh orang-orang dalam situasi itu. Atau perintahkan mereka untuk menangani peralatan, perkakas, aksesoris, atau barang-barang milik lainnya dari orang atau situasi itu atau dengan terlihat dalam kegiatan tertentu yang biasa dilakukan orang itu. Sebagai contoh ; kondisikan siswa pada proses normal penuaan dengan memberi mereka kacamata yang berlumuran noda pelembab, membawa kacang buncis dalam keranjang, katun pembersih telinga, dan mengenakan kaos kaki bersepatu sandal. Kemudian perintahkan mereka untuk mengambil pensil dan kertas dan menuliskan nama mereka, alamat dan nomor telepon, atau untuk berjalan-jalan ke luar ruang kelas, membuka pintu dan mencari-cari jalan. #Tempatkan siswa dalam situasi dimana mereka diharuskan merespon sesuai peran yang harus mereka mainkan. #Gunakan anlogi dalam membuat simulasi : bautlah sebuah skenario yang tidak terlalu asing bagi siswa yang isinya menjelaskan situasi yang tidak begitu mereka kenal. Sebagai contoh, Anda dapat meminta seluruh siswa yang kidal untuk menggambarkan seorang yang secara budaya berbeda dari siswa yang lain. #Tirukan gerak-gerik seseorang dan perintahkan siswa untuk mewawancarai anda dan mencari tahu tentang pengalaman, pandangan dan perasaan anda. Sebagai contoh, seorang guru sains (Kate Brooks) berpakaian seperti Galileo dan menyajikan drama tentang kehidupannya dan dilema etika yan dia (Galileo) hadapi. Musik jaman renaisans dimainkan dan lilin dinyalakan di planetarium, sementara Galileo mendapatkan temuan dengan teleskop. Drama itu berakhir dengan dihukumnya Galileo dan upayanya untuk mempertahankan ajarannya. Pada akhir drama itu, siswa menulis sebuah esai tentang persoalan etika yang dihadapi Galileo, memberikan pandangan mereka tentang keputusan Galileo, dan menebak apa yang mereka lakukan.
  3. Tanyakan kepada siswa bagaimana simulasi tersebut. Diskusikan pegalaman sewaktu mengenakan sepatu orang lain. Perintahkan siswa untuk mengenali tantangan yang dimunculkan oleh orang atau situasi yang tidak begitu mereka kenal.

VARIASI

  • Jika memungkinkan, lakukan pertemuan nyata dengan situasi atau orang yang tidak mereka kenal akrab.
  • Buatlah pengalaman imaji mental dimana siswa memvisualkan orang atau situasi yang tidak mereka kenal akrab.*





Read the rest of this entry -→

Berikut Dengan Detail Menjelaskan PRODUK Obat Kuat PASUTRI Legal, Herbal, Rekomendasi Boyke dan Co :

 

PEMERINGKATAN PADA
PAPAN PENGUMUMAN


URAIAN SINGKAT

Banyak materi belajar yang tidak mengandung muatan benar atau salah. Ketika terdapat nilai-nilai, opini, gagasan dan preferensi tentang topik yang Anda ajarkan, aktifitas ini bisa digunakan untuk menstimulasi pemikiran dan diskusi.


PROSEDUR

  1. Bagilah siswa menjadi sub-sub kelompok beranggotakan empat hingga enam orang.
  2. Berikan kepada siswa daftar yang berisi salah satu dari yang berikut ini : (a).Nilai-nilai yang mereka pegang (misalnya, 1. Loyalitas, 2. ....dll. (b).Opini yang mungkin mereka dukung, (misalnya, 1. Pencegahan kejahatan harus menjadi perhatian utama bangsa kita, 2. ..........dll.) (c). Solusi alternatif atas suatu masalah (misalnya, Hematlah, energi dengan, 1. Berkendara secara 3 in 1., 2. .....dll.), (d). Pilihan keputusan yang mereka atau orang lain hadapi (misalnya, 1. Melegalkan narkoba, 2. ....dll). (e).Atribut yang mereka kehendaki (misalnya, 1. tampil menawan, 2. .....dll). (f).Preferensi yang mereka miliki (misalnya, 1. Edger Allan Poe, 2. ...dll).
  3. Sebagai contoh, siswa dapat ditanya sifat apa yang mereka harapkan ada pada seorang teman : bisa diandalkan, lucu, keren, pengertian, dll.
  4. Berikan tiap kelompok buku bloknot. Perintahkan mereka untuk menuliskan tiap butir dalam daftar itu pada kertas terpisah.
  5. Buatlah "Papan Pengumuman" di mana sub-sub kelompok dapat memajang preferensi urutan peringkat mereka. (Kertas Bloknote boleh ditempelkan pada papan tulis, whiteboard, atau pada kertas karton lebar.)
  6. Bandingkan dan bedakan pemeringkatan antar kelompok yang kini dipajang.

VARIASI

  1. Upayakan untuk mencapai konsesus seluruh siswa.
  2. Perintahkan siswa untuk mewawancarai anggota kelompok yang peringkatnya berbeda dengan peringkat mereka.*




Read the rest of this entry -→

Berikut Dengan Detail Menjelaskan PRODUK Obat Kuat PASUTRI Legal, Herbal, Rekomendasi Boyke dan Co :

 

APA? LANTAS APA? DAN
SEKARANG BAGAIMANA?

URAIAN SINGKAT

Nilai dari aktifitas belajar eksperiensial akan meningkat dengan meminta siswa untuk merenungkan kembali pengalaman yang baru mereka alami dan menggali implikasinya. Periode perenungan ini seringkali disebut sebagai pengolahan atau debriefing (pewawancaraan-pentanyajawaban). Sebagian kalangan pendidik kini menggunakan istilah harvesting (pemanenan). Berikut adalah urutan tiga tahap untuk memanen pengalaman yang kaya akan pembelajaran.


PROSEDUR

  1. Kondisikan siswa ke dalam pengalaman yang sesuai dengan topik yang anda ajarkan. Pengalaman-pengalaman ini dapat mencakup yang berikut ini : (a). Permainan atau latihan simulasi. (b). Kunjungan lapangan, (c). Tayangan Video, (d). Proyek Belajar Praktek, (e). Debat, (f). Drama, (g). Latihan Imaji Mental.
  2. Perintahkan siswa untuk saling bercerita tentang apa yang terjadi pada mereka selama latihan tersebut : (#). Apa yang mereka lakukan? (#). Apa yang mereka amati, Pikirkan? (#). Apa yang mereka rasakan selama latihan itu?
  3. Selanjutnya, perintahkan siswa untuk bertanya pada diri sendiri, "Lantas Bagaimana?". (=). Manfaat apa yang mereka dapatkan dari latihan itu? (=). Apa yang mereka pelajari? Dan pelajari kembali? (=). Apa implikasi dari aktivitas itu? (=). Bagaimanakah kaitan antara pengalaman itu (jika itu berupa simulasi atau drama) dengan dunia nyata?
  4. Terakhir, perintahkan siswa untuk memikirkan, "sekarang bagaimana?" (#). Bagaimana kalian ingin melakukan sesuatu secara berbeda di masa mendatang?. (#). Bagaimana kalian dapat memperluas pembelajaran yang kalian dapatkan? (#). Langkah-langkah apa yang dapat kalian ambil untuk menerapkan apa yang telah kalian pelajari?


VARIASI

1. Batasi diskusi pada "Apa?" dan "Lantas Bagaimana?".
2. Gunakan kedua pertanyaan ini untuk menstimulir penulisan jurnal.

Read the rest of this entry -→

Berikut Dengan Detail Menjelaskan PRODUK Obat Kuat PASUTRI Legal, Herbal, Rekomendasi Boyke dan Co :

 

PENILAIAN DIRI SECARA AKTIF

URAIAN SINGKAT

Melalui metode ini, siswa mampu berbagi sikap mereka tentang sebuah mata pelajaran melalui penilaian-diri. Metode ini memungkinkan guru untuk mengukur perasaan dan keyakinan siswa, dan berfungsi sebagai papan loncat bagi didkusi kelas.

PROSEDUR

  1. Buatlah sebuah daftar pernyataan yang akan dibacakan kepada siswa untuk menilaia sikap dan perasaan mereka tentang pelajaran yang diberikan. Sebagai contoh, seorang guru menyusun pernyataan-pernyataan berikut : (-) Saya mengingatkan pekerjaan yang memungkinkan saya untuk bekerja dengan orang lain. (-) Saya menginginkan pekerjaan yang memberi saya pendapatan paling besar, berkat kemampuan saya. (-) Saya menginginkan pekerjaan yang aman dan bebas dari rasa khawatir akan terus-menerus dievaluasi. (-) Saya mengiginkan pekerjaan yang tidak perlu saya lembur di rumah. (-) Saya menginginkan pekerjaan yang tidak menuntut banyak bepergian. (-) Saya menginginkan pekerjaan yang memiliki nilai guna bagi masyarakat. (-) Saya menginginkan pekerjaan yang terus-menerus memacu peningkatan kemampuan saya.
  2. Perintah siswa untuk berdiri di bagian belakang ruangan, dengan menempatkan meja dan kursi di satu sisi raungan.
  3. Buatlah skala penilaian angka dari satu hingga lima di depan kelas dengan menggunakan papan tulis atau dengan menempelkan angka pada dinding.
  4. Jelaskan bahwa Anda akan membacakan sejumlah pernyataan. Setelah mendengarkan pernyataan-pernyataan itu, siswa harus berdiri di depan angka penilaian yang paling cocok dengan sikap mereka terhadap pengetahuan seputar mata pelajaran. Tergantung pada mata pelajarannya, angka 1 bisa berarti "sangat setuju" atau Paham Betul", sedangkan angka lima untuk "Sangat Tidak Setuju" atau "Tidak Paham".
  5. Sewaktu pernyatan dibacakan, siswa harus bergerak ke bagian ruang kelas yang paling cocok dengan pegetahuan atau posisi mereka. Setelah terbentuk sejumlah barisan di depan berbagai posisi, perintahkan beberapa siswa untuk saling menjelaskan alasan mereka memilih posisi itu.
  6. Setelah mendengarkan pendapat siswa lain, perintahkan sembarang siswa yang ingin mengubah posisi mereka pada skala itu untuk melakukannya.
  7. Lanjutkan membaca pernyataan atau fakta individual dan meminta siswa itu bergerak ke angka yang paling cocok dengan opini atau pengetahuan mereka.
  8. Selanjutnya, bagilah siswa menjadi sub-sub kelompok. Beri mereka salinan tertulis dari pernyataan-pernyataan itu dan perintahkan mereka untuk mendiskusikannya.
  9. Sekarang, perintahkan siswa untuk secaar pribadi mencocokkan kembali pendapat mereka terhadap tiap butir. Perintahkan mereka untuk menunjuk satu angka pada tiap pernyataan yang mencerminkan tingkat kesetujuan atau ketidaksetujuan mereka.
VARIASI

  1. Dalam kelas yang jumlah siswanya lebih besar, perintahkan siswa untuk terlebih dahulu memilih sebuah jawaban terhadap pernyataan-pernyataan itu dan kemudian bergerak ke bagian-bagian ruangan yang telah dinomori.
  2. Mulailah dengan diskusi kelompok kesil dan kemudian lekukan penilaian individual (pribadi).*

Read the rest of this entry -→

Berikut Dengan Detail Menjelaskan PRODUK Obat Kuat PASUTRI Legal, Herbal, Rekomendasi Boyke dan Co :

 

PERAGA PERAN

URAIAN SINGKAT

Aktifitas ini merupakan cara menarik untuk menstimulasi diskusi tenatng nilai dan sikap. Siswa diminta untuk menominasikan sosok-sosok terkenal yang mereka pandang sebagai peraga peran dari ciri-ciri yang berkaitan dengan sebuah topik yang tengah dipelajari di kelas.


PROSEDUR

  1. Bagilah siswa menjadi sub-sub kelompok beranggotakan lima atau enam orang, dan berikan kepada tiap kelompok selembar kertas dan bolpoin.
  2. Perintahkan tiap kelompok untuk mengenali tiga siswa yang akan mereka kenali sebagai perwakilan dari mata pelajaran yang tengah didiskusikan. Dalam pelajaran musik, sebagai misal, mereka dapat memilih Elton John, Billy Joel, dan Stevie Wonder.
  3. Setelah mereka mengenali tiga sosok terkenal, perintahkan mereka untuk membuat daftar karakteristik yang dimiliki oleh ketiganya yang mengkualifikasi mereka sebagai contoh atau peraga peran untuk mata pelajaran yang mereka diskusikan. Mereka mesti menulis daftar orang dan kerakteristik pada kertas dan menempelkannya pada dinding.
  4. Perintahkan siswa untuk kembali ke posisi semula dan membandingkan daftar mereka, perintahkan tiap kelompok untuk menjelaskan alasan yang melandasi pilihan mereka.
  5. Arahkan siswa dalam sebuah diskusi tentang berbagai persepsi di kalangan siswa.


VARIASI

  1. Sebagai alternatif dari menyebut orang sungguhan, perintahkan siswa untuk memilih karakter fiksional.
  2. Berikan pada tiap kelompok daftar khusus tentang orang yang merupakan perwakilan atau tokoh dari mata pelajaran yang didiskusikan.



Rujukan dari buku ;

*Active Learning 101 cara belajar siswa aktif, Melvin L. Silberman



Read the rest of this entry -→

Berikut Dengan Detail Menjelaskan PRODUK Obat Kuat PASUTRI Legal, Herbal, Rekomendasi Boyke dan Co :

 

Adsense Indonesia
Produk Kesehatan Untuk Wanita! Baca Lengkap di sini : GLUTERA Glutathione Indonesia



DAPATKAN E-BOOK "The Legend Of Atlantis" (Benua yang Hilang), ditulis oleh ahli filsafat Yunani terkenal Plato : DOWNLOAD THE LEGEND OF ATLANTIS

==

--

JAMU KUAT SEKS PRIA

Baca Juga

Berikut Dengan Detail Menjelaskan PRODUK Obat Kuat PASUTRI Legal, Herbal, Rekomendasi Boyke dan Co :

 

Yang Komentar



hosting indonesia

Bookmark and Share
Share Share Blog Terbaik Business Blogs - Blog Rankings Business Blogs - BlogCatalog Blog Directory Personal My Zimbio Business blogs

Followers

BlogCatalog

Oris KRIM/Cream Pengencang Payudara HERBAL